Menu² pada pemograman scratch & fungsian
Menu-Menu pada Pemrograman Scratch dan Fungsinya
Penjelasan:
Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang mudah dipelajari dan digunakan, terutama untuk anak-anak dan pemula. Scratch memiliki antarmuka yang ramah pengguna dengan berbagai menu dan blok pemrograman yang membantu pengguna membuat animasi, game, dan cerita interaktif.
Berikut adalah beberapa menu utama pada Scratch dan fungsinya:
* **Menu File:**
* **New:** Membuat proyek baru.
* **Open:** Membuka proyek yang sudah ada.
* **Save:** Menyimpan proyek.
* **Save As:** Menyimpan proyek dengan nama baru.
* **Import:** Mengimpor proyek dari komputer.
* **Export:** Mengekspor proyek ke komputer.
* **Page Setup:** Mengatur pengaturan halaman untuk mencetak proyek.
* **Print:** Mencetak proyek.
* **Exit:** Keluar dari Scratch.
* **Menu Edit:**
* **Undo:** Membatalkan tindakan terakhir.
* **Redo:** Mengulang tindakan yang dibatalkan.
* **Cut:** Memotong objek yang dipilih.
* **Copy:** Menyalin objek yang dipilih.
* **Paste:** Menempelkan objek yang disalin.
* **Delete:** Menghapus objek yang dipilih.
* **Duplicate:** Menduplikasi objek yang dipilih.
* **Select All:** Memilih semua objek.
* **Group:** Menggabungkan beberapa objek menjadi satu grup.
* **Ungroup:** Memisahkan grup objek.
* **Bring to Front:** Membawa objek ke depan.
* **Send to Back:** Mengirim objek ke belakang.
* **Menu Control:**
* **Start:** Memulai proyek.
* **Stop:** Menghentikan proyek.
* **Pause:** Menjeda proyek.
* **Resume:** Melanjutkan proyek yang dijeda.
* **Speed:** Mengatur kecepatan proyek.
* **Sound:** Mengatur volume suara proyek.
* **Look:** Mengatur tampilan proyek.
* **Menu Motion:**
* **Move:** Menggerakkan sprite.
* **Turn:** Memutar sprite.
* **Go to:** Memindahkan sprite ke posisi tertentu.
* **Glide:** Menggerakkan sprite secara halus ke posisi tertentu.
* **Point in direction:** Mengarahkan sprite ke arah tertentu.
* **Point towards:** Mengarahkan sprite ke arah sprite lain.
* **Change x by:** Mengubah posisi horizontal sprite.
* **Change y by:** Mengubah posisi vertikal sprite.
* **Set x to:** Menetapkan posisi horizontal sprite.
* **Set y to:** Menetapkan posisi vertikal sprite.
* **X position:** Menampilkan posisi horizontal sprite.
* **Y position:** Menampilkan posisi vertikal sprite.
* **Bounce off edge:** Membuat sprite memantul saat menyentuh tepi layar.
* **Menu Looks:**
* **Next costume:** Mengganti kostum sprite.
* **Previous costume:** Mengganti kostum sprite ke kostum sebelumnya.
* **Say:** Membuat sprite berbicara.
* **Think:** Membuat sprite berpikir.
* **Show:** Menampilkan sprite.
* **Hide:** Menyembunyikan sprite.
* **Change size by:** Mengubah ukuran sprite.
* **Set size to:** Menetapkan ukuran sprite.
* **Change effect by:** Mengubah efek visual pada sprite.
* **Set effect to:** Menetapkan efek visual pada sprite.
* **Clear graphic effects:** Menghapus efek visual pada sprite.
* **Costume #:** Menampilkan nomor kostum sprite.
* **Size:** Menampilkan ukuran sprite.
* **Menu Sound:**
* **Play sound:** Memutar suara.
* **Stop all sounds:** Menghentikan semua suara.
* **Change volume by:** Mengubah volume suara.
* **Set volume to:** Menetapkan volume suara.
* **Change tempo by:** Mengubah tempo musik.
* **Set tempo to:** Menetapkan tempo musik.
* **Sound #:** Menampilkan nomor suara.
* **Volume:** Menampilkan volume suara.
* **Tempo:** Menampilkan tempo musik.
* **Menu Events:**
* **When green flag clicked:** Memulai proyek saat bendera hijau diklik.
* **When this sprite clicked:** Memulai proyek saat sprite diklik.
* **When backdrop switches to [backdrop name]:** Memulai proyek saat latar belakang berubah.
* **When [key] pressed:** Memulai proyek saat tombol tertentu ditekan.
* **When [timer] > [number]:** Memulai proyek saat timer mencapai nilai tertentu.
* **When [mouse] clicked:** Memulai proyek saat mouse diklik.
* **When [mouse] down:** Memulai proyek saat mouse ditekan.
* **When [mouse] up:** Memulai proyek saat mouse dilepaskan.
* **When [mouse] over [sprite]:** Memulai proyek saat mouse berada di atas sprite.
* **When [mouse] not over [sprite]:** Memulai proyek saat mouse tidak berada di atas sprite.
* **When [touching] [sprite]:** Memulai proyek saat sprite menyentuh sprite lain.
* **When [touching] [color]:** Memulai proyek saat sprite menyentuh warna tertentu.
* **When [distance to] [sprite] < [number]:** Memulai proyek saat jarak antara sprite dan sprite lain kurang dari nilai tertentu.
* **Menu Control:**
* **Wait [number] seconds:** Menunda proyek selama waktu tertentu.
* **Repeat [number] times:** Mengulangi blok pemrograman tertentu beberapa kali.
* **Forever:** Mengulangi blok pemrograman terus menerus.
* **If [condition] then:** Melakukan blok pemrograman tertentu jika kondisi terpenuhi.
* **If [condition] then [block] else [block]:** Melakukan blok pemrograman tertentu jika kondisi terpenuhi, dan melakukan blok pemrograman lain jika kondisi tidak terpenuhi.
* **Wait until [condition]:** Menunda proyek hingga kondisi terpenuhi.
* **Stop [all] [this script]:** Menghentikan proyek atau skrip tertentu.
* **Create clone of [sprite]:** Membuat salinan sprite.
* **Delete this clone:** Menghapus salinan sprite.
* **Menu Sensing:**
* **Touching [sprite]:** Mengecek apakah sprite menyentuh sprite lain.
* **Touching [color]:** Mengecek apakah sprite menyentuh warna tertentu.
* **Touching [edge]:** Mengecek apakah sprite menyentuh tepi layar.
* **Mouse x:** Menampilkan posisi horizontal mouse.
* **Mouse y:** Menampilkan posisi vertikal mouse.
* **Mouse down:** Mengecek apakah tombol mouse ditekan.
* **Key pressed?:** Mengecek apakah tombol tertentu ditekan.
* **Answer:** Menampilkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan kepada pengguna.
* **Timer:** Menampilkan waktu yang telah berlalu sejak proyek dimulai.
* **Loudness:** Menampilkan tingkat kebisingan.
* **Distance to [sprite]:** Menampilkan jarak antara sprite dan sprite lain.
* **Menu Data:**
* **Make a variable:** Membuat variabel baru.
* **Make a list:** Membuat daftar baru.
* **Delete variable:** Menghapus variabel.
* **Delete list:** Menghapus daftar.
* **Set [variable] to [value]:** Menetapkan nilai pada variabel.
* **Change [variable] by [value]:** Mengubah nilai variabel.
* **Show variable:** Menampilkan variabel.
* **Hide variable:** Menyembunyikan variabel.
* **Add [value] to [list]:** Menambahkan nilai ke daftar.
* **Delete [item] of [list]:** Menghapus item dari daftar.
* **Insert [value] at [index] of [list]:** Menyisipkan nilai ke daftar pada indeks tertentu.
* **Item [index] of [list]:** Menampilkan item pada indeks tertentu dalam daftar.
* **Length of [list]:** Menampilkan jumlah item dalam daftar.
* **Menu More Blocks:**
* **Custom Blocks:** Membuat blok pemrograman sendiri.
* **Pen:** Mengatur pensil untuk menggambar.
* **Video Sensing:** Mengatur sensor video.
* **Text to Speech:** Mengubah teks menjadi ucapan.
* **Translate:** Menerjemahkan teks.
* **Cloud Variables:** Menyimpan data di cloud.
* **Extensions:** Menambahkan fitur tambahan ke Scratch.
Jawaban:
Scratch memiliki berbagai menu yang membantu pengguna membuat animasi, game, dan cerita interaktif. Menu-menu tersebut meliputi: File, Edit, Control, Motion, Looks, Sound, Events, Control, Sensing, Data, dan More Blocks. Setiap menu memiliki fungsi yang berbeda untuk membantu pengguna dalam membuat proyek Scratch.
Komentar
Posting Komentar